Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah Melaksanakan Jumat Bersih di Seputaran Lokasi Pemilahan Sampah Desa Tegallinggah

17 November 2023
Web Admin
Dibaca 79 Kali
Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah Melaksanakan Jumat Bersih di Seputaran Lokasi Pemilahan Sampah Desa Tegallinggah

Desa Tegallinggah, Karangasem - Pada Hari Jumat tanggal 17 November 2023 Mulai pukul 07.00, Perbekel beserta Perangkat Desa Tegallinggah melakukan kegiatan jumat bersih jumat di seputaran lokasi yang akan menjadi tempat pemilahan sampah di Desa Tegallinggah. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan lokasi tempat pemilahan sampah dapat di pergunakan dengan baik. Kegiatan di awali dengan membersihkan saluran air yang melintas di depan lokasi pemilahan sampah karena sempat tersumbat akibat banyaknya sampah yang ada di saluran tersebut.

Untuk memperlancar kegiatan yang di maksud, Perbekel Tegallingggah memerintahkan Kawil se-Desa Tegallinggah untuk membawa peralatan pembersihan berupa cankul dan juga sabit. Selain itu Perangkat Desa lainnya ada yang membawa sapu dan juga mengoperasikan mesin Potong Rumput.

Tujuan Pembuatan Tempat Pemilahan Sampah

Pemerintah Desa telah menganggarkan pembuatan tempat pemilahan sampah yang tertera dalam Anggaran Perubahan Tahun 2023. Membuat tempat pemilahan sampah memiliki beberapa tujuan utama yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah yang lebih baik. Tujuan lainnya yang sangat bermanfaat antara lain:

1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Pemilahan sampah membantu mengurangi pencemaran lingkungan karena sampah dapat dipilah sesuai jenisnya. Dengan cara ini, sampah organik dan anorganik yang ada di Desa Tegallinggah dapat dikelola secara terpisah, mengurangi risiko pencemaran air, udara, dan tanah.

2. Mengedukasi Masyarakat

Pembuatan tempat pemilahan sampah di Desa juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik. Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat pemilahan sampah, diharapkan dapat tercipta perilaku yang lebih peduli terhadap lingkungan.

3. Mempermudah Proses Daur Ulang

Pemilahan sampah memfasilitasi proses daur ulang dengan memisahkan bahan yang dapat didaur ulang seperti kertas, plastik, kaca, dan logam. Dengan mendaur ulang, jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir dapat dikurangi, mengurangi tekanan pada lahan pembuangan sampah.

4. Mengoptimalkan Pengelolaan Sampah di Desa tegallinggah

Dengan pemilahan sampah, pengelolaan sampah dapat dioptimalkan. Ini mencakup pengaturan lebih efisien terkait pengumpulan, transportasi, dan pemrosesan sampah. Selain itu, pemilahan sampah juga dapat membantu meningkatkan efisiensi proses daur ulang.