Tim Pengelola RKDD Desa Tegallinggah melaksanakan Kegiatan Orientasi RKDD dan Pelatihan Jurnalistik Desa

02 Desember 2023
Web Admin
Dibaca 53 Kali
Tim Pengelola RKDD Desa Tegallinggah melaksanakan Kegiatan Orientasi RKDD dan Pelatihan Jurnalistik Desa

Desa Tegallinggah, Karangasem - Kegiatan Orientasi RKDD dan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Desa telah sukses di laksanakan oleh Tim Pengelola RKDD Desa Tegallinggah yang bertempat di Aula Kantor Desa Tegallinggah. Kegiatan di laksanakan pada hari Jumat (1/12) mulai pukul 10.00 Wita yang di hadiri oleh 30 peserta dari unsur tokoh masyarakat, Pengelola Bumdes, Serta Perbekel Tegallinggah. Kegiatan Orientasi di Buka Langsung Oleh Bapak Perbekel Tegallinggah, I Gede Sudiarsa dan materi Orientasi di isi oleh Duta Digital, Depi Mayanti, SE. Acara kemudian di lanjutkan dengan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Desa yang di isi oleh narasumber dari Wartawan Tribun News, Desak Yunda Ariesta.

Pembukaan Orientasi RKDD Oleh Perbekel Tegallinggah 

Dalam Pemaparannya, Perbekel Tegallinggah menyampaikan beberapa hal mengenai pentingnya Pemerintah Desa Tegallinggah mengikuti perkembangan jaman yang semakin berkembang pesat dengan Era Digitalisasi supaya dapat meningatkan pelayanan, penyampaian informasi kepada masyarakat Desa Tegallinggah. Untuk itu Desa Tegallinggah sudah melakukan inovasi terkait Penyebaran informasi menggunakan media Digital seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Website Pemerintah Desa Tegallinggah.

Kegiatan Orientasi RKDD dan Pelatihan Jurnalistik DesaKegiatan Orientasi RKDD dan Pelatihan Jurnalistik Desa

Duta Digital Pengisi Orientasi RKDD 

Dalam Materi Orientasi yang di bawakan oleh Duta Digital di jelaskan tentang pengertian yang di maskud dengan Orientasi, Pentingnya Digitalisasi di era Digital, Serta manfaat yang bisa di peroleh dengan Digitalisasi ini. Masyarakat Desa juga dapat memanfaat teknologi di era ini untuk berbagai keperluan seperti seperti kebersihan, kesehatan, serta Pengembangan di sektor Ekonomi. Digitalisasi dapat menjadi katalisator untuk pengembangan ekonomi di Desa. Dengan adanya platform online, warga Desa dapat menjual produk pertanian, kerajinan, atau jasa secara lebih luas dan efisien. Selain itu, akses ke pasar global dapat membuka peluang ekspor dan kerjasama bisnis.

Yunda Ariesta narasumber Pelatihan Jurnalistik 

Acara pelatihan Jurnalistik Desa yang di isi oleh Wartawan Tribun, Yunda Ariesta menekankan beberapa materi seperti cara mengenal berita, Informasi apa saja yang bisa di jadikan berita, bentuk berita, Foto dan Caption yang terdapat pada berita, Serta memberikan pelatihan cara menulis berita yang baik dan benar sesuai menggunakan rumus 5W+1H.

Pengertian 5W+1H

Rumus 5W+1H adalah suatu metode dasar yang digunakan dalam jurnalisme untuk merinci informasi penting dalam sebuah berita. Berikut adalah komponen-komponen utama dari rumus ini:

  1. Who (Siapa): Identifikasi orang atau kelompok yang terlibat atau berperan dalam kejadian tersebut.
  2. What (Apa): Jelaskan kejadian atau peristiwa yang terjadi dengan rinci dan jelas. 
  3. When (Kapan): Tentukan waktu kejadian, baik itu waktu spesifik atau rentang waktu.
  4. Where (Dimana): Tunjukkan lokasi atau tempat kejadian dengan jelas dan akurat.
  5. Why (Mengapa): Jelaskan alasan atau motif di balik kejadian tersebut. Mengapa hal ini terjadi?
  6. How (Bagaimana): Gambarkan proses atau cara kejadian tersebut terjadi. Bagaimana hal ini terjadi?

Dengan merinci informasi berdasarkan 5W+1H, sebuah berita diharapkan dapat memberikan gambaran yang lengkap dan komprehensif kepada pembaca atau pemirsa.

 

Ditulis dan dipublikasi oleh: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler