Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah Gelar Sembahyang Bersama dalam Rangka Hari Raya Saraswati

13 Juli 2024
IK.Sudiana 'Admin'
Dibaca 52 Kali

Desa Tegallinggah, Karangasem - Dalam rangka memperingati Hari Raya Saraswati (13/7), Perbekel dan Perangkat DesaTegallinggah bersama Kader Desa siaga, Kader kebersihan, dan staf Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mengadakan sembahyang bersama di Kantor Desa Tegallinggah. Acara persembahyangan yang penuh khidmat ini dipimpin oleh Jero Mangku Ketut Langkung.

Acara dimulai pukul 08.00 WITA yang di hadiri segenap keluarga Perangkat Desa Tegallinggah mengenakan pakaian Adat Bali dalam rangka acara persembahyangan bersama memperingati Hari Raya Saraswati. Setiap Perangkat Desa Membawa Pejati Lengkap yang di haturkan di Padmasana dan juga di setiap ruangan yang ada di Kantor Desa Tegallinggah.

Hari Saraswati memiliki makna yang sangat sakral bagi Umat Hindu yaitu memiliki makna turunya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia yang ada di dunia ini. Hari saraswati merupakan hari raya penghormatan kepada Dewi Saraswati yang merupakan Dewi Pengetahuan dan Kesadaran/widya, dan juga Sastra.

Jero Mangku Ketut Langkung memimpin upacara sembahyang dengan penuh kesakralan. Doa-doa dihaturkan, dan rangkaian persembahyangan di Padmasana Kantor Desa Tegallinggah. Para peserta terlihat khusyuk mengikuti setiap tahapan sembahyang, memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesejahteraan bersama.

Usai sembahyang, acara dilanjutkan dengan makan bersama (megibung) di Aula Kantor Desa Tegallinggah. Hidangan khas Bali (gibungan) tersaji menggugah selera, menambah kehangatan dan kebersamaan di antara para peserta. Makan bersama ini tidak hanya sebagai bentuk syukur, melainkan juga untuk mempererat silaturahmi antar Perangkat Desa dan Kader baik yang beragaman Hindu maupun yang beragaman lain.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan semangat kebersamaan dan gotong royong di Desa Tegallinggah semakin kuat, sehingga berbagai program dan kegiatan Desa dapat berjalan lancar dan sukses. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Desa Tegallinggah, dapat mengunjungi situs resmi atau mengikuti media sosial Pemerintah Desa Tegallinggah.

Penulis: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler