Meriahkan HUT RI ke-79, Desa Tegallinggah Gelar Beragam Acara Spektakuler

17 Agustus 2024
IK.Sudiana 'admin'
Dibaca 55 Kali
Meriahkan HUT RI ke-79, Desa Tegallinggah Gelar Beragam Acara Spektakuler

Desa Tegallinggah Karangasem, 17 Agustus 2024 – Desa Tegallinggah kembali meriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dengan serangkaian acara yang spektakuler. Perayaan dimulai dengan persembahan senam yang dipimpin oleh perangkat desa, disusul oleh tarian tradisional Puspanjali yang memukau penonton. Tidak ketinggalan, penampilan qasidah dari Majelis Taklim Azzahrah Banjar Dinas Nyuling menambah kehangatan suasana pagi itu.

Acara resmi dibuka oleh pembawa acara yang kemudian mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, doa bersama dipanjatkan, memohon kelancaran acara dan keselamatan bagi seluruh peserta. Kemeriahan dilanjutkan dengan penampilan koor yang terdiri dari perangkat desa, staf Poskesdes, dan BUMDes, membawakan lagu Mars Mengabdi Desa dan Mars Perangkat Desa Tegallinggah, yang menggetarkan semangat nasionalisme.

Laporan dari Ketua Panitia, I Made Widnyana, SH, menyampaikan bahwa sumber dana untuk perayaan ini sebesar Rp 101 juta berasal dari APBDes Tegallinggah 2024. Dalam laporannya, beliau juga mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam mempersiapkan acara ini. Sambutan hangat turut disampaikan oleh Perbekel Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, yang sangat mengapresiasi kerja keras semua perangkat desa yang telah bekerja dengan semangat tanpa mengenal waktu untuk menyukseskan acara ini. Beliau juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah desa akan terus mendukung acara serupa agar perayaan semakin meriah dari tahun ke tahun.

Sebelum memasuki sesi hiburan, GAPOKTAN Desa Tegallinggah mengadakan acara penyerahan sembako kepada masyarakat miskin sebagai bentuk kepedulian sosial, yang menambah makna perayaan ini.

Acara kemudian diisi dengan hiburan lagu dan tari Joged, yang membuat suasana semakin meriah sebelum memasuki salah satu momen paling dinantikan, yaitu lomba panjat pinang. Lomba ini diikuti oleh siswa SD, Seka Truna Truni (STT), dan Remaja Mesjid, yang dengan penuh semangat berusaha mencapai puncak pinang untuk mendapatkan hadiah.

Salah satu donatur acara, Dedi Herdin, juga menyampaikan sepatah kata, mengungkapkan rasa terharunya melihat kerja keras perangkat desa yang begitu berdedikasi hingga acara ini dapat terselenggara dengan sangat meriah dan berjanji akan menambah uang donatur untuk acara tersebut.

Menutup rangkaian acara, diumumkan pemenang dari berbagai lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya. Lomba-lomba tersebut meliputi gerak jalan tingkat SD putra dan putri, lomba mebat, lomba kebersihan lingkungan, lomba tarik tambang, lomba menangkap ikan, lomba nyuun sokasi, serta lomba panjat pinang. Para pemenang menerima hadiah sebagai bentuk penghargaan atas usaha dan partisipasi mereka. Selain itu Juga di umumkan peserta senam terbaik, dan juga Perangkat Desa Terbaik.

Berikut adalah daftar pemenang:

  • Lomba Gerak Jalan Putra: Juara 1 SDN 2 Tegallinggah, Juara 2 SDN 1 Tegallinggah, Juara 3 SDN 3 Tegallinggah.
  • Lomba Gerak Jalan Putri: Juara 1 SDN 1 Tegallinggah, Juara 2 SDN 2 Tegallinggah, Juara 3 SDN 3 Tegallinggah.
  • Lomba Mebat: Juara 1 STT Anila Werdhi Yowana Balepunduk Kaler, Juara 2 STT Utsaha Darma Kerthi Balepunduk Kelod, Juara 3 STT Nala Kunda Yowana Tegallingggah 2, Juara Harapan 1 STT Nala Kunda Yowana Tegallinggah 1, Juara Harapan 2 STT Digjaya Dharma Laksana Seledumi.
  • Lomba Kebersihan Lingkungan: Juara 1 Banjar Dinas Tegallinggah, Juara 2 Banjar Dinas Balepunduk Kelod, Juara 3 Banjar Karang Cermen.
  • Lomba Tarik Tambang Tingkat SD: Juara 1 SDN 1 Tegallinggah, Juara 2 SDN 2 Tegallinggah, Juara 3 SDN 3 Tegallinggah.
  • Lomba Tarik Tambang Tingkat STT/Remaja Masjid: Juara 1 STT Nala Kunda Yowana Tegallinggah, Juara 2 Remaja Masjid Nyuling, Juara 3 STT Anila Werdhi Yowana Balepunduk Kaler, Juara Harapan 1 STT Digjaya Dharma Laksana Seledumi.
  • Lomba Tarik Tambang PKK: Juara 1 PKK Banjar Dinas Tegallinggah, Juara 2 PKK Banjar Dinas Karang Cermen, Juara 3 PKK Banjar Dinas Nyuling, Juara Harapan 1 PKK Banjar Dinas Balepunduk Kelod.
  • Lomba Menagkap Ikan Putra: Juara 1 SDN 2 Tegallinggah, Juara 2 SDN 2 Tegallinggah, Juara 3 SDN 3 Tegallinggah
  • Lomba Menagkap Ikan Putri: Juara 1 SDN 2 Tegallinggah, Juara 2 SDN 3 Tegallinggah, Juara 3 SDN 2 Tegallinggah
  • Lomba Nyuun Sokasi: Juara 1 PKK Banjar Dinas Tegallinggah, Juara 2 PKK Banjar Dinas Balepunduk Kelod, Juara 3 PKK Banjar Dinas Balepunduk Kaler
  • Lomba Panjat Pinang SD: Juara 1 SDN 1 Tegallinggah, Juara 2 SDN 2 Tegallinggah, Juara 3 SDN 3 Tegallinggah
  • Lomba Panjat Pinang 1: Juara 1 STT Anila Werdhi Yowana Balepunduk Kaler, Juara 2 STT Utsaha Dharma Kerti Balepunduk Kelod, Juara 3 STT Nala Kunda Yowana Tegallinggah
  • Lomba Panjat Pinang 2: Juara 1 Remaja Masjid Karang Cermen, Juara 2 Remaja Masjid Nyuling, Juara 3 STT Digjaya Dharma Laksana Seledumi.
  • Peserta Senam Terbaik: Bidan Indri, Ayu Febrianti, I Ketut Sudiana
  • Perangkat Desa Terbaik: I Ketut Sudiana

Perayaan HUT RI ke-79 di Desa Tegallinggah berlangsung dengan sukses, mencerminkan antusiasme warga desa dalam merayakan kemerdekaan. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

 

Penulis: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler