Kegiatan Jumat Bersih di Pura Banjar Tegallinggah dan Persiapan Acara HUT RI ke-79 di Desa Tegallinggah

02 Agustus 2024
IK.Sudiana 'admin'
Dibaca 63 Kali
Kegiatan Jumat Bersih di Pura Banjar Tegallinggah dan Persiapan Acara HUT RI ke-79 di Desa Tegallinggah

Pada Jumat, 2 Agustus 2024, Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah bersama anggota BPD serta Staff Poskesdes menggelar kegiatan Jumat Bersih di Pura Banjar Tegallinggah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesucian pura sebagai tempat ibadah yang penting bagi masyarakat Tegallinggah.

Setelah kegiatan bersih-bersih selesai, Perangkat Desa Tegallinggah melanjutkan persiapan untuk acara HUT RI di lapangan Desa Tegallinggah. Persiapan tersebut mencakup persiapan tiang panjat pinang untuk lomba yang akan diadakan di lapangan Desa Tegallinggah pada tanggal 17 Agustus 2024. Hal ini dilakukan agar perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 berjalan lancar dan meriah.

Detail Acara HUT RI ke-79 di Desa Tegallinggah

Perayaan HUT RI di Desa Tegallinggah akan berlangsung mulai tanggal 13 hingga 17 Agustus 2024 dan mencakup berbagai kegiatan menarik sebagai berikut:

  1. 13 Agustus 2024 - Lomba Gerak Jalan

    • Lomba gerak jalan antar SD se-Desa Tegallinggah yang juga akan dimeriahkan oleh PKK Desa Tegallinggah.
  2. 14 Agustus 2024 - Lomba Mebat/Ngebat dan Kebersihan Lingkungan

    • Lomba mebat/ngebat, yaitu lomba membuat makanan tradisional Karangasem.
    • Lomba kebersihan lingkungan dusun.
  3. 15 Agustus 2024 - Lomba Tarik Tambang

    • Lomba tarik tambang antar SD.
    • Lomba tarik tambang antar seke truna truni dan remaja mesjid.
    • Lomba tarik tambang antar PKK dusun dan PKK Desa.
  4. 16 Agustus 2024 - Jalan Santai dan Lomba-Lomba Lainnya

    • Jalan santai.
    • Lomba menangkap ikan.
    • Lomba nyuun sokasi.
    • Final lomba tarik tambang.
  5. 17 Agustus 2024 - Acara Puncak

    • Rangkaian acara seperti Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa, Tari Penyambutan, Penampilan Senam Perangkat Desa, penyampaian dari ketua panitia, dan sambutan dari Perbekel Desa Tegallinggah, serta menyanyikan lagu Mars Mengabdi Desa dan Mars Perangkat Desa Tegallinggah,
    • Pembagian Hadiah untuk Pemenang Lomba,
    • Lomba Panjat Pinang

     

Tanggapan Perbekel Tegallinggah, I Gede Sudiarsa

Perbekel Tegallinggah, I Gede Sudiarsa, menyampaikan apresiasinya terhadap semangat gotong royong yang di ikuti oleh Perangkat Desa serta Lembaga lainnya yang ada di Desa Tegallinggah dalam kegiatan Jumat Bersih dan persiapan HUT RI.

"Saya sangat bangga dengan partisipasi aktif dari seluruh Perangkat Desa, anggota BPD, dan Staff Poskesdes dalam kegiatan Jumat Bersih di Pura Banjar Tegallinggah. Kebersamaan ini mencerminkan nilai-nilai luhur yang kita junjung tinggi. Selain itu, persiapan yang kita lakukan untuk acara HUT RI ke-79 juga menunjukkan betapa besarnya rasa cinta tanah air dan kebanggaan kita terhadap budaya lokal. Saya berharap, seluruh rangkaian acara nanti bisa berjalan lancar dan memberikan kesan yang mendalam bagi seluruh masyarakat Desa Tegallinggah," ujar I Gede Sudiarsa.

Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan semangat gotong royong masyarakat Desa Tegallinggah, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Dengan persiapan yang matang, diharapkan seluruh rangkaian acara HUT RI di Desa Tegallinggah dapat memberikan kesan yang mendalam di Hari kemerdekaan ini bagi seluruh peserta dan masyarakat tegallinggah pada khususnya dan masyarakat secara luas secara umum.

Dok & Penulis: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler