Manfaat Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga (Booster)

16 Agustus 2022
Operator Desa
Dibaca 84 Kali
Manfaat Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga (Booster)

Saat ini Covid belum usai dan masih menghantui masyarakat Indonesia pada khususnya. Untuk menekan penyebaran Virus covid yang semakin hari melahirkan varian terbaru, sangat penting sekali meningkatkan antibodi kita dengan vaksinasi Covid Lengkap sampai Dosis ke-3. Di tengah gencarnya vaksinasi yang di lakukan oleh pemerintah yang di dukung oleh pemerintah Daerah hingga pemerintah Desa, ternyata antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster masih kurang. Untuk itulah penting kiranya kita mengetahui betapa pentingnya vaksinasi Covid-19 sampai tahap ke-3.

Vaksinasi Dosis ke-3 atau yang di sebut Vaksin Booster dinilai dapat meningkatkan efektifitas vaksin pertama dan kedua. Vaksin boostr sangat penting di berikan kepada masyarakat mengingat efektifitas vaksin sebelumnya kurang karena adanya varian terbaru virus covid yang menghantui kita. Untuk itulah vaksin dosis 3 ini akan meningkatkan kembali antibodi dalam menangkal serangan virus covid dalam jangka waktu yang panjang.

Fakta terkait Vaksin Booster

Saat ini masyarakat yang di targetkan mendapatkan Vaksin booster adalah yang sudah mendapatkan vaksin dosis ke-dua lebih dari 6 Bulan dan berusia minimal 18 Tahun. Selain itu, Para Lansia, orang dengan daya tahan lemah juga di sasar vaksin dosis ketiga dengan varian vaksin yang berbeda sesuai umur dan resiko kesehatan yang dimiliki.

Ada dua cara pemberian vaksin dosis ketiga yang di terapkan di indonesia yaitu:

  • Homolog adalah pemberian jenis vaksin yang sama dengan vaksin kedua
  • Heterolog adalah pemberian jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin kedua

Perlu di ketahui bahwa vaksin merupakan virus covid yang di lemahkan yang bertujuan untuk meningkatkan peran antibodi dalam menagkal virus covid. Jadi perlindungan yang di hasilkan oleh Antibody yang sudah di suntik Vaksin dosis ketiga berbeda-beda. Semua terganung dari daya tahan tubuh setiap orang yang menerima vaksin tersebut.

Faktor lain yang mempengaruhi efektifitas vaksin dosis ketiga adalah kesehatan tubuh, jenis vaksin yang di terima, serta varian virus Covid yang sedang beredar. Meski begitu, menerima vaksin dosis ketiga akan lebih baik dalam mengakal virus varian terbaru daripada tidak sama sekali.

Manfaat Vaksinasi Covid Dosis Ketiga (Booster)

Menurut Sumber dari Satgas Covid 19, dengan mendapatkan vaksinasi Dosis Ketiga kita akan mendapatkan empat manfaat dalam menagkal dan menekan penyebaran Virus Covid antara lain:

1. Mencegah infeksi Virus Corona dengan merangsang sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Setelah seseorang mendapatkan Vaksin Dosis Ketiga, mereka akan mendapatkan perlindungan dari infeksi virus dengan merangsang agar antibodi kita terbiasa menghadapi varian virus yang baru. Sehingga ketika virus masuk ke tubuh, antibodi dengan cepat akan membentuk perlindungan dan menekan perkembangan virus dalam tubuh.

2. Mengurangi Resiko Penularan Virus Covid-19

Seperti yang di jelaskan pada poin 1, antibodi akan membungkus virus sehingga tidak dapat berkembang dan menulari orang lain.Karena itulah Vaksin Dosis Ketiga sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko penularan virus covid-19.

3. Mempercepat Penyembuhan dan mengurangi dampak berat terhadap infeksi virus

Perlu di ketahui kalau tubuh kita memiliki sel memori yang merekam kejadian yang telah terjadi dalam tubuh. Karena itu apabila terjangkit virus covid kembali, tubuh akan mengenali virus tersebut dan melakukan penangkalan secara cepat. Sehingga penyembuhan serta dapat mengurangi infeksi berat terhadap virus Corona.


4. Mencapai Herd Immunity

Manfaat yang terkahir yang membuat vaksinasi dosis ketiga gencar di lakukan pemerintah adalah agar terciptanya Herd Immunity. Jadi semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksinasi Dosis Ketiga, maka Herd Immunity pada sebuah negara akan mudah tercapai.

Selain dari ke empat manfaat di atas, Manfaat lain yang kita rasakan sendiri dengan menerima vaksin dosis ketiga adalah kemudahan dalam mengakses layanan publik. Untuk itulah kami mengajak masyarakat khususnya Masyarakat Desa Tegallinggah untuk mengikuti anjuran pemerintah dengan melakukan Vaksinasi Dosis Ketiga agar Wabah virus Covid di Indonesia segera berakhir.

 

Ditulis dan dipublikasi oleh: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler