Kegiatan Jumat Bersih Perangkat Desa Tegallinggah Bersama Anggota BPD Tegallinggah di Pura Banjar Adat Balepunduk Kelod

08 Desember 2023
Operator Desa
Dibaca 61 Kali
Kegiatan Jumat Bersih Perangkat Desa Tegallinggah Bersama Anggota BPD Tegallinggah di Pura Banjar Adat Balepunduk Kelod

Desa Tegallinggah, Karangasem - Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah beserta Anggota BPD Tegallinggah telah melakukan kegiatan Jumat Bersih yang di lakukan di Pura Banjar Adat Balepunduk Kelod. Seperti kegiatan rutin yang di lakukan setiap hari jumat, (8/23) Perangkat Desa Tegallinggah berkumpul di Kantor Desa pukul 07.00 dengan mempersiapan peralatan seperti mesin potong rumput dorong, dan juga mesin potong rumput gendong. Setelah peralatan sudah siap, kami berangkat bersama-sama menuju lokasi tempat kegiatan di lakukan.

Kantor Desa Tegallinggah, seperti banyak lembaga pemerintahan di seluruh Indonesia, telah mengadopsi praktik kebersihan dan keteraturan sebagai bagian dari rutinitas mereka. Salah satu kegiatan yang rutin adalah "Jumat Bersih," di mana setiap Jumat, seluruh staf kantor desa berkumpul untuk melakukan serangkaian kegiatan kebersihan dan pemeliharaan.

Makna Jumat Bersih

1. Kesadaran Lingkungan:
Jumat Bersih di Kantor Desa Tegallinggah tidak hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga simbol dari kesadaran akan pentingnya kebersihan dan lingkungan yang sehat. Para perangakat desa, staff, dan juga lembaga lainnya seperti BPD bersatu untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Penguatan Keterlibatan Masyarakat:
Kegiatan ini juga mencerminkan semangat keterlibatan masyarakat. Masyarakat setempat diundang untuk berpartisipasi, membentuk suatu ikatan yang kuat antara pemerintah dan warga desa. Hal ini menciptakan rasa kepemilikan bersama terhadap lingkungan mereka.

3. Edukasi Masyarakat:
Jumat Bersih tidak hanya sekadar membersihkan kantor desa, tetapi juga menjadi platform edukasi bagi masyarakat. Para perangkat desa menggunakan momen ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada warga desa tentang pentingnya menjaga kebersihan, dampak positifnya terhadap kesehatan, dan upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Aktivitas Rutin pada Jumat Bersih yang di lakukan Pemerintah Desa Tegallinggah

1. Pembersihan Lingkungan Kantor:
Setiap Jumat, Perangkat desa dan staff membersihkan area sekitar kantor, termasuk halaman dan lingkungan sekitar. Kami membersihkan sampah, menyapu dan mencuci area yang perlu perawatan khusus.

2. Pembersihan Lingkungan Pura:
Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan tempat suci Pura, Jumat Bersih juga kami isi dengan kegiatan bersih-bersih di pura dengan tujuan untuk menjaga kebersihan tempat suci Pura yang merupakan tempat umat hindu beribadah.

3. Jumat Sehat:
Pemerintah desa menggunakan kesempatan ini untuk melakukan kegiatan senam sehat agar dapat menyehatkan tubuh serta menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan tugas.

Dampak Positif Jumat  Bersih yang kami lakukan

1. Peningkatan Kesehatan Masyarakat:
Dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Jumat Bersih berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat. Pencegahan penyakit yang dapat ditularkan melalui lingkungan kotor menjadi lebih efektif.

2. Peningkatan Kesadaran Lingkungan:
Jumat Bersih membantu menciptakan kesadaran yang lebih tinggi akan pentingnya menjaga lingkungan. Masyarakat menjadi lebih sadar akan dampak kecil yang dapat mereka lakukan untuk memberikan kontribusi pada pelestarian alam.

3. Penguatan Hubungan Masyarakat-Pemerintah:
Partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan Jumat Bersih memperkuat hubungan antara pemerintah desa dan warganya. Ini menciptakan rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan adanya kegiatan Jumat Bersih, Kantor Desa Tegallinggah bukan hanya menjadi pusat administrasi, tetapi juga pusat kegiatan positif yang memperkaya kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

 

Ditulis dan dipublikasi oleh: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler