Perbekel dan Perangkat Desa Melaksanakan Giat Melaspas Tempat Pemilahan Sampah Desa Tegallinggah

03 Februari 2024
Web Admin
Dibaca 21 Kali
Perbekel dan Perangkat Desa Melaksanakan Giat Melaspas Tempat Pemilahan Sampah Desa Tegallinggah

Desa Tegallinggah, Karangasem - Perbekel dan perangkat Desa melaksanakan kegiatan pembersihan (Melaspas) tempat pemilahan sampah pada hari Sabtu (3/2) Yang di puput oleh Jero Mangku Ketut Langkung. Kegiatan ini di hadiri oleh perbekel serta segenap Perangkat Desa Tegallinggah, Bumdes, serta Poskesdes. Acara ini di lakukan untuk membersihkan area tempat pemilahan sampah secara niskala. Hal ini bertujuan agar tempat tersebut bersih secara niskala sehingga petugas pemilah sampah yang bertugas disana dapat bekerja dengan baik. 

Melaspas dalam agama Hindu adalah serangkaian upacara penyucian atau pembersihan yang dilakukan sebagai persiapan sebelum sebuah bangunan atau objek dapat di pergunakan. Istilah "melaspas" berasal dari bahasa Bali, tetapi konsep serupa juga ada dalam tradisi Hindu di wilayah lain.

Proses melaspas melibatkan serangkaian ritual yang dilakukan oleh seorang pemangku atau juga pedanda. Upacara ini bertujuan untuk membersihkan energi negatif atau pengaruh buruk yang mungkin ada di tempat tersebut dan untuk memohon berkah serta perlindungan dari Tuhan.

Ritual melaspas melibatkan penggunaan berbagai banten pecaruan dan penyucian lainnya. Selain itu, mantra atau doa khusus juga diucapkan selama proses ini untuk memohon keberkahan dan kesucian. Setelah melalui proses melaspas, diharapkan bahwa tempat tersebut menjadi bersih secara niskala dan layak digunakan untuk kegiatan pemilahan sampah.

Ditulis dan dipublikasi oleh: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler