Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Desa Tegallinggah: Komitmen Bersama untuk Masa Depan Generasi Muda

04 Juni 2024
Web Admin
Dibaca 44 Kali
Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Desa Tegallinggah: Komitmen Bersama untuk Masa Depan Generasi Muda

Desa Tegallinggah, Karangasem - Pada Hari Selasa Tanggal 4 Juni 2024 Pemerintah Desa Tegallinggah menggelar acara sosialisasi pencegahan narkoba yang diadakan di Balai Desa Tegallinggah. Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat desa yang memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesejahteraan serta keamanan lingkungan.

Sosialisasi ini diisi oleh staf dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karangasem yang menyampaikan berbagai informasi terkait bahaya narkoba, cara pencegahannya, serta langkah-langkah yang dapat diambil oleh masyarakat untuk melindungi generasi muda dari pengaruh negatif narkoba. Materi yang disampaikan mencakup edukasi tentang jenis-jenis narkoba, efek buruk yang ditimbulkan, dan strategi efektif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Acara dibuka oleh perwakilan dari Perbekel Tegallinggah, yaitu Kasi Kesejahteraan Masyarakat, karena Perbekel Tegallinggah sedang menghadiri rapat di tempat lain. Dalam sambutannya, Kasi Kesejahteraan Masyarakat menekankan pentingnya peran aktif semua elemen masyarakat dalam upaya pencegahan narkoba. "Kerjasama dan kepedulian dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk menjaga generasi muda kita dari bahaya narkoba. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas narkoba," ujarnya.

Peserta sosialisasi yang hadir meliputi Pengurus Karang Taruna, Pengurus Sekha Truna se-Desa Tegallinggah, Klian Banjar Adat se-Desa Tegallinggah, Ketua dan Anggota BPD, Ketua dan Anggota LPM, serta Kawil se-Desa Tegallinggah. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam mendukung program pencegahan narkoba yang dicanangkan oleh pemerintah desa dan BNN Kabupaten Karangasem.

Selama sosialisasi berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta tanya jawab yang dipandu oleh narasumber dari BNN. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Tegallinggah memiliki kesadaran tinggi terhadap bahaya narkoba dan pentingnya langkah pencegahan sejak dini.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba serta mendorong partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan desa yang aman dan bebas dari narkoba. Pemerintah Desa Tegallinggah dan BNN Kabupaten Karangasem berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam memerangi narkoba.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan Desa Tegallinggah dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya pencegahan narkoba dan menjaga generasi muda dari bahaya yang mengancam masa depan mereka.

Ditulis dan dipublikasi oleh: Sudiana/Kawil Balepunduk Kaler