Panduan Penggunaan Layanan Mandiri Desa Tegallinggah

18 Oktober 2022
IK.Sudiana 'admin'
Dibaca 200 Kali
Panduan Penggunaan Layanan Mandiri Desa Tegallinggah

Dalam rangka meningkatkan Pelayanan Administrasi Kantor Desa Tegallinggah, Masyarakat kini dapat memanfaatkan layanan mandiri melalui website yang dapat di akses melalui perangkat android maupun komputer. Dalam hal pelaksanaannya kami telah melakukan sosialisasi yang di laksanakan di kantor desa tegallinggah kepada perwakilan masyarakat. Untuk lebih memperjelas tentang tahapan dan cara menggunakan layanan mandiri Desa Tegallinggah, Kami membuat panduan ini untuk dapat di pedomani oleh masyarakat Desa Tegallinggah. Jadi, bagi masyarakat yang belum mengerti cara menggunakan layanan mandiri di website ini, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Panduan cara menggunakan layanan mandiri Desa Tegallinggah

Sebelum panduan ini di mulai, sebagai catatan layanan mandiri ini hanya di peruntukan untuk masyarakat Desa Tegallinggah yang menetap, tinggal, dan ber-alamat di Desa Tegallinggah. Untuk masyarakat di luar Desa tidak dapat mengakses layanan ini.

Untuk masyarakat Desa Tegallinggah yang ingin memanfaatkan layanan ini, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Sebelum bisa masuk ke halaman layanan mandiri, masyarakat wajib menghubungi opertaor Desa untuk mendapatkan PIN masuk layanan mandiri.
  2. Setelah mendapatkan PIN, warga dapat mengakses situs Website Desa Tegallinggah dan mengklik menu Layanan Mandiri
  3. Silahkan Masukan detail NIK/NO KTP pada kolom NIK dan masukan PIN yang di berikan oleh Operator pada kolom PIN.
  4. Setelah berhasil Login, warga akan diminta untuk menganti PIN dengan PIN yang baru. Tujuannya adalah agar PIN warga tidak di ketahui oleh pihak operator maupun pihak lainnya. Silakan masukan 6 digit PIN yang diberikan operator pada kolom PIN lama, dan masukan 6 digit PIN baru pada kolom PIN baru. Masukan PIN baru sekali lagi di kolom di bawahnya, kemudian klik proses.
  5. Setelah berhasil masuk, Warga langung dapat memanfaatkan layanan mandiri Desa Tegallinggah

Tampilan Dashboard Pengguna Layanan Mandiri

Setelah mengikuti panduan secara seksama seperti yang telah di jelaskan di atas, warga Desa Tegallinggah akan Melihat tampilan Dashboard Layanan mandiri yang nantinya dapat di gunakan sebagi tempat permohonan Pelayanan Administrasi Kantor Desa Tegallinggah. Berikut ini tampilan Dashbordnya Beserta penjelasannya:

Dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah

Pada Gambar di atas merupakan tampilan Dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah. Pada Dashboard pada tampilan awal, warga akan di suguhkan dengan informasi pesan masuk, Foto warga (jika tersedia), dan juga beberapa menu untuk melakukan Permohonan Surat, Memposting Barang yang ingin di pajang di Lapak Desa, Serta melakukan Pengaduan.

Warga juga dapat mencetak biodata, mencetak salinan Kartu Keluarga serta Dokumen Lainnya. Selain itu warga dapat mengganti PIN jika di perlukan dan melakukan Verifikasi Biodata Keluarga apabila terjadi perubahan biodata pada Kartu Keluarga.

Panduan Penggunaan Fitur pada Dashboard Layanan Mandiri

Berikut ini akan di paparkan beberapa fitur yang dapat warga lakukan ketika sudah memiliki akun layanan mandiri dan sudah sukses masuk ke Dashboar.

1. Cara Melakukan permohonan pelayanan surat lewat dashboard

2. Cara melakukan pengaduan

3. Cara memposting barang jualan di lapak Desa