Cara Melakukan Permintaan surat-surat melalui Dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah

19 Oktober 2022
IK.Sudiana 'Admin'
Dibaca 205 Kali

Sebagai terobosan dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat Desa Tegallinggah, sekarang masyarakat dapat memanfaatkan Layanan Mandiri yang di sediakan oleh Pemerintah Desa dalam melakukan permohonan surat menyurat ataupun pelayanan lainnya. Jadi sekarang pelayanan kami sudah dapat di berikan walaupun masyarakat berada di mana saja dan kapan saja. Teknologi IT yang berkembang saat inilah yang memungkinkan terobosan ini dapat dinikmati oleh masyarakat Desa yang memerlukan pelayanan.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Pelayanan ini hanya dapat di akses oleh Warga Masyarakat Desa Tegallinggah saja. Untuk itu pastikan warga yang ingin mendapatkan pelayanan memiliki KTP ber-alamat di Desa Tegallinggah. 

Cara Melakukan Permohonan Surat Pada Dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah

Karena layanan ini sudah tersedia di Website Pemerintah Desa Tegallinggah, Di perlukan koneksi internet/data agar situs Desa tegallingggah dapat di buka pada perangkat seluler seperti android ataupun melalui PC/Laptop. Kami juga menyarankan warga untuk menggunakan browser Chrome, Mozilla, Atau Edge terbaru untuk memastikan keamanan data-data warga di internet. Setelah itu terpenuhi, barulah warga dapat melakukan permohonan surat dengan aman lewat internet.

Berikut ini beberapa tahapan atau cara melakukan permohonan surat-surat yang dapat di lakukan lewat dashboard Layanan mandiri antara lain:

1. Melakukan login ke Layanan Mandiri

Untuk dapat mengakses dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah, Warga tentunya harus memiliki akses masuk ke dashboard. Untuk Warga Desa Tegallingggah yang belum mengerti bagimana caranya, dapat mengikuti Panduan Layanan Mandiri Desa Tegallinggah pada post Sebelumnya. Apabila Warga sudah berhasil login ke dashboard, barulah berlanjut ke tahap berikutnya.

2. Mengupload Persyaratan Dokumen

Sebelum mengakses Layanan Surat, Warga harus mengupload persyaratan yang di perlukan seperti Foto KTP, Foto KK dan persyaratan lainnya. Apabila persyaratan ini belum terpenuhi, system secara otomatis akan menolak permohonan surat warga. Berikut ini tampilan dari kolom dokumen yang harus di Upload oleh Warga Desa Tegallinggah.

Cara upload kelengkapan dokumen untuk mengurus surat-surat

  1. Klik Menu Dokumen kemudian di sebelah kanan (tampilan desktop) Klik tombol Tambah Dokumen.
  2. Pada halaman tambah dokumen, masukan Judul Dokumen, Jenis Dokumen, Kemudian klik browser untuk memilih file dokumen yang ingin di upload yang sudah di foto sebelumnya.
  3. Pada kolom berikutnya, silahkan di centang apabila dokumen yang ingin di upload juga berlaku untuk anggota keluarga lainnya.
  4. Jika sudah, klik simpan untuk memulai proses upload dokumen.
  5. Lakukan cara ini untuk dokumen lainnya, dan pastikan memilih jenis dokumen berdasarkan tipe dokumen yang di upload.

3. Cara Membuat Surat/Memohon Pelayanan Surat

Setelah melakukan upload dokumen yang menjadi syarat pembuatan atau permohonan surat, Barulah kita melanjutkan untuk cara permohonan suratnya. Untuk memohon pelayanan surat pada dashboard Layanan Mandiri Desa Tegallinggah, kita dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1.  Mengklik Menu Surat di sebelah atas foto profil atau di bilah menu paling atas.
  2. Setelah jendela surat terbuka, klik menu Buat Surat
  3. Pilih Jenis Surat yang ingin di buat kemudian tambahkan keterangan pada kolom keterangan,
  4. Masukan No HP yang aktif pada kolom No HP,
  5. Pada bilah Syarat-syarat pilihlah syarat dokumen yang di minta kemudian klik isi form,
  6. Pada lembar selanjutnya, akan di tampilkan detail Biodata Penduduk yang akan memohon surat. Jika data sudah benar, kita bisa langsung mengisi pada kolom keterangan untuk keperluan apa surat tersebut di buat/di mohonkan.
  7. Apabila ingin menampilkan foto warga pada surat permohonan, klik Ya, jika tidak Klik Tidak.
  8. Setelah dirasa semua form di isi lengkap, Langsung Klik Kirim.
  9. Apabila syarat sudah lengkap dan Form sudah terisi semua, kita akan di arahkan ke halaman Pesan yang menampilkan statur permohonan Surat yang kita Lakukan Sedang diperiksa.
  10. Pada Tahap ini Operator Desa akan Memeriksa permohonan kita. Apabila di setujui, Status permohonan akan menjadi Sedang di Tanda-tangani. Jika tidak lengkap maka statusnya akan menjadi belum lengkap.
  11. Apabila Status Sedang di tandatangani, Kita hanya perlu menunggu sampai pihak operator memintakan Tanda Tangan Kepada Perbekel atau Penjabat Berwenang dan statusnya berubah menjadi siap di ambil.
  12. Apabila status sudah menjadi siap di ambil, Kita hanya perlu datang ke Kantor Perbekel Tegallinggah untuk mengambil surat tersebut.