Perayaan Rahina Tumpek Uye disetai Upacara Danu Kerti

10 April 2022
Web Admin
Dibaca 94 Kali
Perayaan Rahina Tumpek Uye disetai Upacara Danu Kerti

Sebagai bentuk pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam Perangkat Desa beserta Staff melaksanakan upacara Danu Kertih di tukad nyuling. Sebagai bagian dari sad Kerti yang merupakan enam  upaya untuk menjaga keseimbangan jagat raya secara skala dan juga niskala sehingga vibrasi energi positif pada sumber-sumber air tawar yang mengalir pada sungai/tukad dan juga danau terjaga dengan baik.

Kami dari perngakat desa berusaha menjaga kelestarian alam di desa beserta sugai-sungai yang mengalir di wilayang desa tegallingggah. Kami berharap dengan melakukan upacara danu kertih alam semakin seimbang dan kelestariannya terjaga.

Secara sekala Danu Kerti kami laksanakan yaitu dengan menghormati, menjaga kelestarian dan kealamian sumber-sumber air tawar yang terdapat pada sungai, Agar tidak rusak atau tercemar perilaku yang tidak terpuji pada sumber-sumber air tawar sebagai salah satu unsur alam yang paling menentukan kehidupan di bumi ini.

Dalam Rangka Perayaan Rahina Tumpek Uye Dengan Upacara Danu Kerti Sebagai Pelaksanaan Tata-titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearipan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru, Perbekel dan Perangkat Desa Tegallinggah Melaksanakan Kegiatan ;

 

1. Melaksanakan Sembahyang Bersama

2. Melepaskan Ikan di Sungai Nyuling

3. Melepas/Menerbangkan Burung

4. Resik Sampah di Sekitar Sungai Nyuling