Kegiatan Jumat Bersih Perbekel, Perangkat Desa dan Anggota BPD Desa Tegallinggah di Banjar Adat Seledumi

10 November 2023
IK.Sudiana 'Admin'
Dibaca 99 Kali

Desa Tegallinggah, Karangasem - Pada Hari Jumat tanggal 10 November 2023 Pukul 07.00 bertempat di Banjar Adat Seledumi, Perbekel, Perangkat Desa Serta Anggota BPD melakukan kegiatan Jumat Bersih di Pura Banjar, Pura Pemakan Banjar Adat Seledumi dan juga di Pura Dadia Dangin Petung Banjar Seledumi. Kegiatan ini kami lakukan secara rutin setiap hari jumat yang bertujuan agar lokasi Pura-Pura yang terletak di Wilayah Desa Tegallinggah terjaga Kebersihannya. Pura merupakan tempat pemujaan agama hindu yang harus kita jaga bersama-sama agar tetap bersih karena pura yang bersih akan membuat umat Hindu dapat melaksanakan Sembahyang dengan nyaman.

Tujuan Kegitan Jumat Bersih

Berikut adalah beberapa tujuan kegiatan bersih-bersih di tempat suci pura yang di lakukan oleh Perbekel, Perangkat Desa Tegallinggah dan Anggota BPD di Banjar Adat Seledumi:

  1. Menghormati dan Menghormati Tempat Suci: Membersihkan pura adalah bentuk penghormatan terhadap tempat suci dan segala sesuatu yang terkait dengan keagamaan atau spiritualitas.
  2. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan: Membersihkan pura secara teratur membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitarnya. Ini dapat mencegah penumpukan sampah dan potensi risiko kesehatan.
  3. Memelihara Energi Positif: Dalam banyak kepercayaan, tempat suci adalah tempat di mana energi spiritual berkumpul. Dengan membersihkan dan merawat pura, diharapkan energi positif dapat dipertahankan dan ditingkatkan. 
  4. Membuat Lingkungan yang Menyenangkan untuk Ibadah: Tempat yang bersih dan teratur dapat membantu pencari rohaniah fokus dan mencapai kedamaian dalam ibadah. 
  5. Memperbaharui dan Memperindah Pura: Membersihkan pura juga bisa menjadi kesempatan untuk memperbaharui atau memperindah struktur dan dekorasi pura, sehingga membuatnya lebih menarik dan mengagumkan bagi para pengunjung.
  6. Menjaga Keharmonisan Antar Umat: Bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih pura dapat memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas dalam keagamaan.
  7. Mengajarkan Nilai-Nilai Kebersihan dan Kehormatan: Melalui partisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pura, anggota komunitas, terutama generasi muda, dapat diajarkan tentang pentingnya kebersihan, kedisiplinan, dan menghormati tempat suci.

Dokumentasi Kegiatan